Kamis, 15 November 2012

scenario responding to literature


Skenario Responding to literature

Oleh
Parli Saptani



KEGIATAN PEMBELAJARAN ORAL RESPONSE

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Siswa memahami cerita dengan mendengar dan atau  membaca sendiri  (cerita sudah dipilih, bisa dikembangkan sendiri oleh guru teater/siswa senior bisa bersumber dari cerpen, novel lebih bagus jika dibuat sendiri karena akan lebih mudah memahami prosesnya)
INTI
& Eksplorasi
F  Siswa membaca dan memahami teks drama/cerita yang diberikan
& Elaborasi
F  Siswa belajar menghayati isi drama
F  Siswa mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog dalam drama
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Memutuskan apakah mereka cukup suka dengan tokoh dan bisakah siswa bertindak seperti tokoh dalam cerita itu
F  Jika siswa “ya suka”, maka siswa mendengarkan kembali/membaca kembali drama dengan mmeberikan perhatian khusus pada adegan ke arah penokohannya dengan urutan yang jelas
F  Siswa mendata karakter dan adegan dengan menggunakan pena dan bukunya
F  Siswa memasukkan  bagian drama dengan menandai tokoh jika siswa cukup tertarik untuk melakonkan cerita yang sama
F  Siswa dapat melakukan dua atau lebih memasukkan tokoh dengan segera dalam cara ini
F  Siswa yang lain mengamati saat siswa melakukan lakon
F  Masing-masing adegan menggunakan daftar adegan untuk mengulang alur cerita dengan meyakinkan bahwa semua tokoh itu dipanggil dalam setiap peristiwa
F  Siswa mendiskusikan karakter pada saat yang bersamaan (saat siswa yang lain melakonkan peran) dengan menggambarkan tindakan, ucapan dan penampilan siswa lainnya
F  Siswa diberikan waktu beberapa menit untuk memutuskan bagaimana menangani sebuah pertunjukkan (karena latihan pertama pasti ada kekakuan)
F  Setelah itu siswa mengulangi kembali (memerankan tokoh)
F  Siswa melengkapi drama, adakan diskusi kelas untuk mengevaluasi
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang dipahami, yang dirasakan, yang dipikirkan dengan cara yang berbeda sesuai dengan pemahaman masing-masing dan tidak sama dengan bahas buku
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F  Siswa diminta menjelaskan kesulitannya dalam memahami drama
F  Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya mengekspresikan apa yang sudah dipahami
F  Pertanyaan yang dapat diajukan antaranya
@ apa tema cerita drama?
@ apa yang kamu suka pada adegan pertama?
@ apakah karakter tokoh menunhjukkan rasa senang, marah, kesal dll?
@ ketika kamu memerankan ulang, bisakah kamu melakukan improvisasi?
@ hal penting apa yang bisa dipetik dari drama tersebut?


METODE BELAJAR


Oral Respon
  V
Diskusi
diskusi guru dengan siswa, siswa denagn guru sedang siswa diberi kebebasan untuk menjelaskan/mengekspresikan sudut pandang mereka
  V
Questioning
pertnyaan yang sangat dianjurkan adalah pertanyaan yang memancing sebuah alasan/penjelasan jangan pertanyaan yang jawabannya “ya” atau “tidak”
  V
Follow up
setelah siswa memberikan jwaban, ambil jawaban itu dan kembangkan serta hubungkan dengan pertanyaan lain. Jadi, siswa terus aktif dalam diskusi dan mencoba menemukan/menjawab sendiri  pertanyaan itu
  V
Waiting
jika tidak ada lagi yang bisa menjawab pertanyaan,guru menyuruh siswa menyimak kembali apa yang telah mereka pahami dari bacaan dan membantu siswa menyimpulkan tanggapan/pikiran mereka


  V
Reader theatre
siswa presentasi dengan menggunakan teks bacaan yang sudah dikembangkan hasil adopsi cerita

  V
Story telling
siswa menyimak dengan sungguh-sungguh cerita yang dibacakan oleh guru (kelas harus kondusif) dengan suara yang keras dan tegas agar menarik
Questioning
Daftar pertanyaan yang dapat diajukan
No
Pertanyaan
1
apa tema drama          
2
apa yang membuat cerita ini lucu, sedih, haru, ceritak alasannya!
3
bagaimana seharusnya akhir cerita itu menurut kamu?
4
apa tindakan kamu jika kamu menjadi tokoh itu?
5
apa pesan inti cerita? Jelaskan alasan kamu setuju dengan inti cerita!
6
bagian mana yang paling kamu sukai dan yang tidak kamu sukai, berikan alasannya!
7
karakter mana yang paling baik/paling jelek? Jelaskan dengan alasan!
8
apakah ada bagian cerita ini sama dengan cerita yang pernah kamu baca, apa kesamaan cerita, dan bandingka keduanya, dan yang mana yang lebih kamu suka?
9
karakter mana yang kamu identifikasi? Bagaiman kamu mengidentifikasinya? Jelaskan dengan alasan!
10
apa yang terjadi dalam hidup kamu jika kamu ingat kejadian yang ada dalam cerita?
11
apa yang kamu lakukan dengan karakter tadi (no 7)?
12
bagaimana menurut kamu karakter tokoh itu? (no 70
13
jika kamu menjadit okoh itu apa yang akan kamu lakukan?




























KEGIATAN PEMBELAJARAN WRITITEN RESPONSE

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Siswa merespon /menjelaskan apa yang telah dibaca dan dipahami dalam drama melalui bentuk tulisan
INTI
& Eksplorasi
F  Siswa menuliskan kembali isi drama
& Elaborasi
F  Siswa belajar menghayati isi drama
F  Siswa mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Mengekspresikan ide/perasaan dalam bentuk tulisan
F  Siswa dan guru menemukan jurnal yang membuat siswa termotivasi untuk menulis
F  Siswa membaca dan mengomentari dan melengkapi bacaan
F  Siswa membuat episode lanjutan dengan menggunakan tokoh yang sama dengan akhir cerita yang berbeda dengan kreasi baru
F  Siswa mengambil cara pandang lain dari satu karakter dan menampilkannya kembali
F  Siswa membuat skrip drama, menuliskan cerita dalam bentuk baru
F  Siswa membuat abstrak/pengantar cerita dengan mengambil setting waktu, tempat dan ditulis kembali pada setting modern
F  Siswa membuat rangkuman (daftar pengarang, judul, tanggal, genre, tempat, tokoh utama)
F  Siswa membuat desain grafic agar mudah menjelaskan pada forum
F  Siswa mmebuat gambar tentang tokoh untuk mengilustrasiakn sebuah cerita.
F  Siswa membuat episode selanjutnya dengan menggunakan tokoh yang sama dengan akhir yang berbeda dari cerita asli
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F  Siswa diminta menjelaskan kesulitannya dalam memahami isi
F  Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya mengekspresikan apa yang sudah dipahami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar