Skenario Responding to literature
Oleh
Parli
Saptani
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ORAL RESPONSE
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa memahami
cerita dengan mendengar dan atau
membaca sendiri (cerita sudah
dipilih, bisa dikembangkan sendiri oleh guru teater/siswa senior bisa
bersumber dari cerpen, novel lebih bagus jika dibuat sendiri karena akan
lebih mudah memahami prosesnya)
|
INTI
|
& Eksplorasi
F
Siswa membaca dan
memahami teks drama/cerita yang diberikan
& Elaborasi
F
Siswa belajar menghayati isi drama
F Siswa
mendiskusikan pengekspresian perilaku
dan dialog dalam drama
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Memutuskan apakah mereka cukup suka dengan tokoh dan
bisakah siswa bertindak seperti tokoh dalam cerita itu
F
Jika siswa “ya suka”, maka siswa mendengarkan
kembali/membaca kembali drama dengan mmeberikan perhatian khusus pada adegan
ke arah penokohannya dengan urutan yang jelas
F
Siswa mendata karakter dan adegan dengan menggunakan
pena dan bukunya
F
Siswa memasukkan
bagian drama dengan menandai tokoh jika siswa cukup tertarik untuk
melakonkan cerita yang sama
F
Siswa dapat melakukan dua atau lebih memasukkan tokoh
dengan segera dalam cara ini
F
Siswa yang lain mengamati saat siswa melakukan lakon
F
Masing-masing adegan menggunakan daftar adegan untuk
mengulang alur cerita dengan meyakinkan bahwa semua tokoh itu dipanggil dalam
setiap peristiwa
F
Siswa mendiskusikan karakter pada saat yang bersamaan
(saat siswa yang lain melakonkan peran) dengan menggambarkan tindakan, ucapan
dan penampilan siswa lainnya
F
Siswa diberikan waktu beberapa menit untuk memutuskan
bagaimana menangani sebuah pertunjukkan (karena latihan pertama pasti ada
kekakuan)
F
Setelah itu siswa mengulangi kembali (memerankan
tokoh)
F
Siswa melengkapi drama, adakan diskusi kelas untuk
mengevaluasi
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang dipahami, yang
dirasakan, yang dipikirkan dengan cara yang berbeda sesuai dengan pemahaman
masing-masing dan tidak sama dengan bahas buku
|
PENUTUP
(Internalisasi
& persepsi)
|
F
Siswa diminta menjelaskan
kesulitannya dalam memahami drama
F Siswa diminta
mengungkapkan pengalamannya mengekspresikan apa yang sudah dipahami
F Pertanyaan yang
dapat diajukan antaranya
@ apa tema cerita drama?
@ apa yang kamu suka pada adegan pertama?
@ apakah karakter tokoh menunhjukkan rasa
senang, marah, kesal dll?
@ ketika kamu memerankan ulang, bisakah
kamu melakukan improvisasi?
@ hal penting apa yang bisa dipetik dari
drama tersebut?
|
METODE BELAJAR
Oral Respon
|
V
|
Diskusi
|
diskusi guru dengan siswa, siswa denagn
guru sedang siswa diberi kebebasan untuk menjelaskan/mengekspresikan sudut
pandang mereka
|
V
|
Questioning
|
pertnyaan yang sangat dianjurkan adalah
pertanyaan yang memancing sebuah alasan/penjelasan jangan pertanyaan yang
jawabannya “ya” atau “tidak”
|
|
V
|
Follow up
|
setelah siswa memberikan jwaban, ambil
jawaban itu dan kembangkan serta hubungkan dengan pertanyaan lain. Jadi,
siswa terus aktif dalam diskusi dan mencoba menemukan/menjawab sendiri pertanyaan itu
|
|
V
|
Waiting
|
jika tidak ada lagi yang bisa menjawab
pertanyaan,guru menyuruh siswa menyimak kembali apa yang telah mereka pahami
dari bacaan dan membantu siswa menyimpulkan tanggapan/pikiran mereka
|
|
|
V
|
Reader theatre
|
siswa presentasi dengan menggunakan teks
bacaan yang sudah dikembangkan hasil adopsi cerita
|
|
V
|
Story telling
|
siswa menyimak dengan sungguh-sungguh
cerita yang dibacakan oleh guru (kelas harus kondusif) dengan suara yang
keras dan tegas agar menarik
|
Questioning
Daftar pertanyaan
yang dapat diajukan
No
|
Pertanyaan
|
1
|
apa tema drama
|
2
|
apa yang membuat cerita ini lucu,
sedih, haru, ceritak alasannya!
|
3
|
bagaimana seharusnya akhir cerita
itu menurut kamu?
|
4
|
apa tindakan kamu jika kamu menjadi
tokoh itu?
|
5
|
apa pesan inti cerita? Jelaskan
alasan kamu setuju dengan inti cerita!
|
6
|
bagian mana yang paling kamu sukai
dan yang tidak kamu sukai, berikan alasannya!
|
7
|
karakter mana yang paling
baik/paling jelek? Jelaskan dengan alasan!
|
8
|
apakah ada bagian cerita ini sama
dengan cerita yang pernah kamu baca, apa kesamaan cerita, dan bandingka
keduanya, dan yang mana yang lebih kamu suka?
|
9
|
karakter mana yang kamu
identifikasi? Bagaiman kamu mengidentifikasinya? Jelaskan dengan alasan!
|
10
|
apa yang terjadi dalam hidup kamu
jika kamu ingat kejadian yang ada dalam cerita?
|
11
|
apa yang kamu lakukan dengan
karakter tadi (no 7)?
|
12
|
bagaimana menurut kamu karakter
tokoh itu? (no 70
|
13
|
jika kamu menjadit okoh itu apa
yang akan kamu lakukan?
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WRITITEN RESPONSE
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa merespon /menjelaskan
apa yang telah dibaca dan dipahami dalam drama melalui bentuk tulisan
|
INTI
|
& Eksplorasi
F
Siswa menuliskan kembali
isi drama
& Elaborasi
F
Siswa belajar menghayati isi drama
F Siswa
mendiskusikan pengekspresian perilaku
dan dialog yang disampaikan teman
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Mengekspresikan ide/perasaan dalam bentuk tulisan
F
Siswa dan guru menemukan jurnal yang membuat siswa termotivasi
untuk menulis
F
Siswa membaca dan mengomentari dan melengkapi bacaan
F
Siswa membuat episode lanjutan dengan menggunakan
tokoh yang sama dengan akhir cerita yang berbeda dengan kreasi baru
F
Siswa mengambil cara pandang lain dari satu karakter
dan menampilkannya kembali
F
Siswa membuat skrip drama, menuliskan cerita dalam
bentuk baru
F
Siswa membuat abstrak/pengantar cerita dengan
mengambil setting waktu, tempat dan ditulis kembali pada setting modern
F
Siswa membuat rangkuman (daftar pengarang, judul,
tanggal, genre, tempat, tokoh utama)
F
Siswa membuat desain grafic agar mudah menjelaskan
pada forum
F
Siswa mmebuat gambar tentang tokoh untuk
mengilustrasiakn sebuah cerita.
F
Siswa membuat episode selanjutnya dengan menggunakan
tokoh yang sama dengan akhir yang berbeda dari cerita asli
|
PENUTUP
(Internalisasi
& persepsi)
|
F
Siswa diminta menjelaskan
kesulitannya dalam memahami isi
F Siswa diminta
mengungkapkan pengalamannya mengekspresikan apa yang sudah dipahami
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar